Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Januari, 2009

After The Affair

MENYEMBUHKAN LUKA BATIN DAN MEMBANGUN KEMBALI KEPERCAYAAN YANG RUNTUH

Hobi saya membeli buku dan menyimpannya sampai ada waktu untuk membacanya (kalau tidak keburu lupa … hehehe) ternyata sekarang ada manfaatnya. Delapan tahun yang lalu, saya membeli buku “After the Affair” karya Janis Abrahms Spring, Ph.D., seorang psikolog klinis yang  selama 21 tahun membantu ribuan pasangan yang mengalami krisis psikologis setelah perkawinan mereka dilanda perselingkuhan. Topik perselingkuhan yang dihembuskan Bang Mikekono (dan telah menyeret saya ikut-ikutan membahasnya)  membuat saya teringat buku ini, dan mencarinya dari deretan di lemari buku. Buku ini belum saya buka dari segel plastiknya, jadi masih kincling dan licin …

Sub-judulnya adalah “Menyembuhkan Luka Batin dan Membangun Kembali Kepercayaan Ketika Seorang Pasangan Berselingkuh”. Buku ini terbitan Gramedia, tahun 2000, tebal 339 halaman. Harganya? Waduh, lupa … (emang penting?)

Bisakah suami-isteri mempertahankan perkawinan mereka setelah diterpa perselingkuhan?


img_0800

(lebih…)

Read Full Post »

Jika Suami Selingkuh

APA YANG TERJADI DALAM HIDUP SANG ISTERI?

Tulisan ini saya buat karena terusik oleh postingan Bang Mikekono berjudul  “Semua Pria Berbakat Selingkuh” . Sudah barang tentu tulisan Bang Mike adalah opini yang debatable,  bukan hasil survey yang valid. Saya tidak akan mendebat tulisan Bang Mike di sini (cukup di blog Bang Mike saja … ), melainkan ingin melihat fenomena ini dari sisi yang lain, yaitu “Apa yang terjadi pada para isteri yang suaminya selingkuh?”

Pertama-tama, yang muncul dalam benak saya adalah Hillary Clinton. Skandal memalukan yang dilakukan Clinton dengan Monica Lewinsky disiarkan media massa di seluruh dunia. Saya tak dapat membayangkan, bagaimana perasaan Hillary ketika itu. Mengetahui suami selingkuh saja sudah sangat menyakitkan hati, apalagi detil kisahnya diketahui orang di seluruh dunia, menjadi bahan olok-olok dan tertawaan. Sakit hati, marah, malu, terhina …. adalah perasaan yang pasti menggelora di dada, ketika dikhianati oleh pasangan tercinta.

Dan bagaimana sikap Hillary ?


hillary-clinton-wikipedia

Clinton, tampak seperti seorang suami dan ayah yang baik. Tapi dibalik itu? (foto : Wikipedia)

(lebih…)

Read Full Post »

MELAYU YANG ‘BERLARI ‘ DI JAWA

Melon berusia 2 tahun? Aduhai, seberapa besarnya? Apa nggak busuk? Manis nggak rasanya? Tumbuh di mana?

Maap sudare-sudare … melon nyang ‘ni bukan melon yang bisa dibuat es buah, tapi http://melayuonline.com , yang sering disingkat menjadi ‘mel-on’ atau ‘melon’. Melon berulang tahun yang ke 2 pada tanggal 20 Januari 2009 kemarin. Hari jadi ini dirayakan dengan acara meriah di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, dihadiri oleh beberapa gubernur, beberapa raja Melayu, para pejabat pemerintahan, budayawan, intelektual, dan masyarakat umum. Pada celebration yang menampilkan berbagai atraksi seni Melayu ini Melon juga memberikan 13 award kepada tokoh-tokoh yang berjasa di bidang budaya Melayu.


p1470190

Baliho Ultah ke-2 Melon terpasang di depan Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

Melayuonline.com dikelola oleh Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM), yang didirikan di Yogya oleh Mahyudin Al Mudra. Selain MelayuOnline.com, BKPBM juga meluncurkan WisataMelayu.com, dan RajaAliHaji.com. Portal terbaru, CeritaRakyatNusantara.com diluncurkan pada malam peringatan ultah ke 2 Melon kemarin.

MelayuOnline.com adalah portal (pangkalan data) yang menghimpun segala sesuatu yang berkaitan dengan Melayu dari seluruh dunia, dengan slogannya “Dunia Melayu se-Dunia”. Pada usia 2 tahun, portal ini sudah dikunjungi lebih dari 20 juta pembaca, sebuah prestasi yang cukup membanggakan.

(lebih…)

Read Full Post »

YUUK, KEMBALI KE PASAR …

Anda suka belanja ke supermarket? Oh, pasti. Saya pun suka. Nggak usah ditanya kenapa. Supermarket tempatnya bersih, sejuk, nyaman, barang-barangnya segar, bebas memilih, nggak usah tawar menawar, dan seribu kenyamanan lain. Bagaimana dengan pasar tradisional? Waduh … ampyun-ampyun. Panas, bau, kotor, berdesakan, ribut …

Oke. Siapa pun setuju bahwa belanja ke supermarket lebih nyaman (bergengsi lagi!). Itulah sebabnya supermarket, bahkan hypermarket, muncul di setiap kota, bahkan hingga ke kota-kota kecil.  Carrefour, Giant, Superindo, dan berbagai supermarket besar bertebaran di setiap sudut kota. Banyaknya jumlah supermarket ini membuat pasar tradisional surut, dan toko-toko kecil kehilangan pelanggan. Pedagang kecil, yang berusaha mengais untung beberapa ribu rupiah setiap hari, semakin sulit memperoleh pembeli. Bagaimana tidak, lha wong jajan pasar, bahkan bumbu-bumbu dapur pun sudah masuk super market.

Saya geleng-geleng kepala ketika menjelang Hari Raya Idul Adha kemarin, di beberapa supermarket digelar tumpukan tusuk sate, anglo dan panggangan sate, sampai ke arangnya sekalian! Astaga, arang kayu, yang dulu hanya ada di pasar, sekarang masuk pula ke supermarket! Benar-benar jaringan kapitalis ini telah berusaha merebut bagian rejeki rakyat kecil …


img_0559

Gunungan buah impor yang menggiurkan di sebuah supermarket

(lebih…)

Read Full Post »

SI KEMBAR JANGKUNG YANG MIRIP JAGUNG

Dengan penuh rasa cemburu, saya terpaksa mengakui bahwa gedung kembar jangkung yang ada di pusat kota Kuala Lumpur ini memang hebat. Selesai dibangun pada tahun 1998, bangunan ini menjadi gedung kembar tertinggi di dunia! Rekornya memang terlampaui oleh gedung Taipei 101 yang selesai dibangun pada 2004, tetapi kehebatan gedung ini tetap saja membuat saya jealous. Loh, kok jealous? Ya iyalah, karena yang punya adalah Malaysia, tetangga terdekat kita, sesama orang Melayu, yang dua puluh lima tahun lalu masih kalah jauh dari Indonesia. Lha kok sekarang kita yang kalah ….

Petronas memiliki tinggi atap 378,6 meter (451,9 meter jika diukur sampai ke puncak antena). Gedung yang didesain oleh Thornton Tomasetti, seorang arsitek keturunan Argentina-Amerika  ini memiliki 88 lantai. Pada lantai 41 dan 42 kedua gedung dihubungkan oleh skybridge sepanjang 58 meter, pada ketinggian 170 meter di atas permukaan tanah.  Untuk mendukung badannya yang jangkung, Petronas dibangun di atas pondasi sedalam 120 meter di dalam tanah. Sebagai orang yang sedikit-sedikit belajar ilmu Teknik Sipil, saya berdecak kagum membayangkan bagaimana metoda pembuatan pondasi yang sedalam itu. Ck ck ck  …


petronas-tower

Petronas Twin Tower gemerlapan dengan lampu-lampu di malam hari (foto : Wikipedia)

(lebih…)

Read Full Post »

BERPUSING DI PUTRAJAYA DAN GENTING HIGHLAND

Jika kita pusing-pusing di Malaysia, nggak usah minum obat. Paling asyik bawa kamera dan berfoto di obyek-obyek yang menarik. Busyet, pusing-pusing kok malah disuruh ‘mejeng’? Hehehe … ini Malaysia sodara-sodara, di sini pusing-pusing artinya me’musing’kan langkah alias jalan-jalan, bukan pusing kepala alias pening …

Setelah berwisata budaya di   Melaka , kami melanjutkan perjalanan ke ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Driver mobil sewaan kami menyarankan agar kami pusing-pusing dulu ke Putrajaya, pusat pemerintahan baru Malaysia yang terletak sekitar satu jam perjalanan di sebelah selatan Kuala Lumpur. Kebetulan saya pernah membaca tentang Putrajaya yang menjadi kebanggaan Mahathir Muhammad ini, jadi okelah … kami setuju untuk mampir kesana.


img_1982

Kantor Perdana Menteri dengan kubah berwarna hijau di Perdana Putra. Di depan gedung ini terdapat plaza yang sangat luaas …

(lebih…)

Read Full Post »

Pilihlah Aku

PILIHLAH AKU JADI WAKILMU


Pilihlah aku, jadi wakilmu

Yang selalu akan memperjuangkanmu

Jangan kau pilih caleg yang lain

Yang lain belum tentu terpercaya

Jadi, pilihlah aku

(melodi lagu “Pilihlah Aku Jadi Pacarmu”)

Saat ini, di seantero muka bumi Indonesia terpampang wajah-wajah cerah para caleg dalam bentuk baliho, spanduk, dan poster. Baliho dan spanduk mereka mengalahkan heboh publikasi konser musik rock yang paling akbar sekalipun. Wajah-wajah cerah, senyum manis, dan kalimat-kalimat hebat dari para caleg bersaing keras untuk memikat dan memperebutkan hati rakyat. Pilihlah saya! Centang nama saya! Saya paling baik! Saya paling hebat! Saya cinta rakyat! Haiyaaa ….

Siapakah mereka, para pengiklan diri yang mati-matian ingin berjuang untuk kita itu? Sembilan puluh persen dari wajah dan nama caleg itu tidak saya kenal. Sepuluh persen sisanya saya kenal namanya, tapi sungguh mati … saya pangling melihat foto wajah mereka. Lho, kenapa? Karena wajah mereka terlihat begitu bersih, tampan dan cantik, keren berwibawa, padahal … mohon beribu maaf, sosok yang saya kenal aslinya tidaklah se’indah’ foto yang terpampang di public area itu. Alangkah besar jasa photoshop, yang dengan sukses telah mengubah wajah seseorang menjadi seperti apa yang mereka inginkan …


img_0541

Wajah-wajah cerah, kharismatik, keren dan berwibawa para caleg

(lebih…)

Read Full Post »

KETIKA BUAH MAJA MENGINSPIRASI RADEN WIJAYA

Adakah di antara kita yang tidak mengenal kerajaan Majapahit dan Mahapatih Gajah Mada? Jika ada, duuh … pindah aja deh jadi warga negara tetangga, Republik Mimpi misalnya (wah, tapi acara itu sudah berhenti tayang dari stasiun teve swasta … )

Majapahit adalah kerajaan terbesar yang pernah ada di Nusantara, bahkan Majapahit lah yang menginspirasi adanya wawasan Nusantara. Semboyan negara kita, “Bhineka Tunggal Ika” diambil dari karya sastra era Majapahit, yaitu kitab “Sutasoma”  yang ditulis oleh Mpu Tantular. Penyatuan wilayah kepulauan, yang sekarang menjadi negara Indonesia tercinta ini, dilakukan oleh Mahapatih Gajah Mada yang terkenal dengan “Sumpah Palapa”nya. Majapahit yang didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1292 itu mampu menyatukan wilayah hampir seluruh Nusantara, bahkan sampai ke Tumasik (sekarang disebut Singapura).

Sisa-sisa kerajaan terbesar di Nusantara itu sekarang bisa kita jumpai di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Memang tidak berupa bangunan kerajaan yang utuh seperti di sinetron (alangkah hebatnya jika kita masih bisa menyaksikannya!), melainkan berupa situs-situs bersejarah yang terpencar di beberapa lokasi. Upaya penggalian arkeologis masih memerlukan waktu dan biaya yang sangat besar, untuk me’muncul’kan kembali bekas ibu kota Majapahit yang sekarang terbenam di bawah permukaan tanah. Namun dari situs-situs yang masih bisa kita saksikan, kita bisa merekonstruksi di dalam benak kita, seperti apa kira-kira kota yang ada di abad 13 – 14 itu.

Saya beruntung bisa mengunjungi bekas kerajaan Majapahit ini pada bulan Agustus 2008. Sungguh wisata sejarah-budaya yang menarik!


img_0970

Pertapaan Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit pada abad ke-12

(lebih…)

Read Full Post »

HEBOH KOPDAR TRIPLE N (NELI, NYONYA, NONA)

Kopdar! Kopdaaar!

Triple N kopdar dadakan di Yogya. Eee … ntar dulu, siapa sih Triple N? Ada hubungan apa dengan Di3vA? Ooh, nggaaak! Nggak ada hubungan gelap ataupun hubungan terang antara Triple N dengan Titi DJ, Kris Dayanti, dan Ruth Sahanaya. Tapi moncernya nggak kurang, hebohnya nggak kalah. Lihat saja foto Triple N ber’triet’ (nyanyi bertiga apaan sih istilahnya?) di bawah ini …


img_0450

Kenalkah sudare-sudare, siapa tiga wanita jelita yang ngamen diatas?

Of course. Tentu saja yang paling kiri adalah N pertama (Neli = Nenek Lincah) Bunda Dyah Suminar, yang di tengah adalah N kedua (Nyonya Bawel) Tuti Nonka, dan paling kanan, sang pembetot bas, adalah N ketiga (Nona Cantik) Jeung Lala Purwono!

Kopdar dadakan ini berlangsung Jum’at malam, 2 Januari 2008 di Yogya. Saya disms Mbak Dyah, diajak makan malam bersama Jeung Lala yang kebetulan sedang berada di Yogya. Unbelieveable! Saya diajak dinner oleh Bu Walikota dan penulis “The Blings of My Life” yang termasyhur di seantero jagad! Yuhuiiii … !

(lebih…)

Read Full Post »

Tahun Baru, Header Baru

Biar nggak bosen aja …

Dengan header yang itu-itu melulu, saya aja bosen, apalagi teman-teman yang berkunjung. Ada beberapa teman yang suka ganti theme (misalnya Mbak Imelda).  Saya mah ganti header saja, soalnya kalau ganti theme repot, harus ngatur lagi (*cari gampang mode on*)

Header sebelum ini menampilkan tengah-tengah kota Yogya (tepatnya perempatan Kantor Pos Besar dan Malioboro). Mbak Dyah suka header itu, karena mempromosikan Yogya. Saya sebenarnya ingin mempromosikan sisi kota Yogya yang lain, tapi belum punya foto yang ‘layak pajang’ (maksudnya, yang saya kelihatan sedikit maniiez gitu …. hihihi … ).

Okelah, saya pasang saja foto sungai Seine, Paris, dan beberapa bangunan di sekitarnya. Mudah-mudahan bisa memberi inspirasi kepada para pengelola kota (Walikota, Bupati, Gubernur … halah, emang beliau-beliau baca blog ini? Mimpi ‘kali … ) untuk menata kota yang bersih, nyaman, sungainya bisa dilayari, dan tetap melestarikan bangunan-bangunan tua bersejarah. Juga memprovokasi teman-teman untuk peduli pada lingkungan alam dan lingkungan budaya.

Hm … kapan ya sungai Ciliwung di Jakarta, sungai Kalimas di Surabaya, sungai Siak di Pekanbaru, sungai Code di Yogyakarta, dan sungai-sungai lain di Indonesia bisa dijadikan obyek wisata air yang indah dan mengasyikkan?

Some day, some how ….

Read Full Post »