Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Mei, 2009

Nyopir Ampe Mati

ASYIKNYA PEGANG STIR

Saya suka nyetir, dan sudah pegang stir sejak 23 tahun yang lalu (tentu saja pegang stirnya di dalam mobil yang meluncur, bukan di garasi euy … ). Apa sih asyiknya nyetir? Kan lebih enak duduk manis sebagai penumpang, bertelepon ria sambil kipas-kipas?

Oh, sudah pasti lebih asyik pegang stir. Dengan menyetir sendiri, saya merasa everything is in my control (halah!). Ada sensasi kebebasan, petualangan, gairah, dan kegembiraan yang memenuhi dada. Saat-saat menyetir juga merupakan saat yang betul-betul ‘milik saya’, saat-saat saya memiliki ruang dan waktu pribadi tanpa mengganggu atau terganggu oleh orang lain. Ketika menyetir, saya bisa menyanyi keras-keras tanpa takut membuat rusak telinga orang lain, juga bisa menangis sepuas hati tanpa perlu menjawab pertanyaan orang kenapa saya menangis.

Dan setiran saya bagus loh! Sumpe! Saya selalu menyetir dengan anggun, tanpa goncangan, tanpa hentakan, start dan stop dengan elegant. Pokoknya, gelas berisi air ditaruh di dashboard pun nggak akan tumpah (ya iyalah … wong airnya cuma setengah … hihi). Nggak percaya? Try me!


IMG_1119

Siapa mau ikut saya? Ayuuk …

(lebih…)

Read Full Post »

RATU YANG TAK PERNAH KEHILANGAN TAHTA

Kisah tentang Cleopatra tak pernah kehilangan pesona, meskipun ribuan tahun telah lewat semenjak ia hidup di dunia. Misteri tentang dirinya selalu menarik untuk ditelisik, dan kisah-kisah cintanya tak pernah basi untuk diungkap kembali. Saya sudah dua kali menulis tentang Cleo, yaitu Cleopatra, Ratu Cinta Yang (Tak) Jelita dan  Istana Cleopatra Telah Ditemukan , namun tetap saja tergelitik untuk menulis kembali ketika menemukan kisah baru tentang ratu Mesir yang luar biasa ini.

Wajah Cleopatra diketahui dari koin dan patung yang ditemukan. Sejarahwan Romawi menceritakan bahwa Cleopatra adalah wanita yang buruk rupa, tetapi karena pada masa itu Romawi adalah musuh Cleo, maka penggambaran yang menjelek-jelekkan Cleo mungkin agak hiperbolis. Adapun ukiran-ukiran Mesir memperlihatkan sosok Cleo yang lembut dan bermata indah. Seperti apapun wajah Cleo yang sesungguhnya, ia adalah seorang wanita yang sangat menawan, cerdas luar biasa, dan memiliki kharisma kuat. Cleopatra juga diceritakan menguasai sembilan bahasa.


IMG_1100 IMG_1101 IMG_1102

Sosok Cleopatra dalam patung Romawi (kiri), ukiran Mesir yang menggambarkan wajahnya (tengah) dan patung Cleopatra di Mesir (kanan)

(lebih…)

Read Full Post »

Tak Seindah Namamu

HERNIA, PENGINTIP PARA PRIA

Mudah-mudahan tidak ada orangtua yang memberi nama anak perempuan mereka Hernia. Meskipun terdengar indah, kehadiran pemilik nama ini sama sekali tidak menghadirkan keindahan, tapi justru menimbulkan rasa sakit.

Ketika MAM (Mahyudin Al Mudra, suami saya) bilang bahwa dokter memvonis dia kena hernia, saya cukup terkejut. Walah, sakit kok hernia sih? Nggak keren banget gitu loh! Lho, emang ada sakit yang keren? Yaa, misalnya leukemia atau apa, kan keren, kayak cerita di film-film … hehehe … (asal jangan schizophrenia!)

Apa boleh buat, karena Tuhan ngasihnya Hernia Sulistiawati (hihihi!) yah … kami terima saja dengan ikhlas. Tapi apa sih sebenarnya penyakit yang memiliki nama cantik ini?

Kocap kacarito, konon kisahnya, waktu bayi laki-laki masih berada di dalam kandungan, testis mereka ada di dalam perut. Dengan bertambahnya usia bayi, testis akan turun dan menempati posisi strategisnya di dalam scrotum. Lubang bekas turunnya testis ini akan menutup sendiri. Tetapi ada kalanya procesus vaginalis (menutupnya lubang) ini tidak sempurna, sehingga usus yang berada di dalam rongga perut dan selalu bergerak dan berdesak-desakan dapat kejeblos dan nyelonong ikut turun melalui lubang tersebut. Nyelonongnya usus ini bisa terjadi pada waktu seseorang masih bayi, kanak-kanak, maupun dewasa. Jika usus yang nakal ini terjepit di dalam lubang tersebut, maka ia akan teriak-teriak kesakitan (nggak konsekwen banget kan?).

Karena MAM tidak menyukai kehadiran si pemilik nama cantik ini, maka ia memutuskan untuk meminta dokter membuangnya pada tanggal 18 Mei 2009 lalu.


IMG_1277

Menyusuri lorong menuju ke kamar operasi di pagi yang dingin …

(lebih…)

Read Full Post »

BU, MBAK, TANTE, ATAU DIK?

Tugas seorang sales adalah menjual produk sebanyak-banyaknya, dengan segala cara. Nah, cara itu kadang simpatik, tapi kadang juga menyebalkan. Saya paling sebbaall jika seorang sales menawarkan produknya dengan menyebut saya ‘Bu Haji’ (mungkin karena saya berjilbab ya … ). Apalagi kalau sales tersebut ‘bandel’, terus menguntit dan melancarkan rayuan meskipun saya sudah bilang ‘tidak, terimakasih’. Hmmmh!!

Di kalangan masyarakat tertentu, panggilan ‘Pak Haji’ dan ‘Bu Haji’ memang merupakan panggilan kehormatan. Predikat ‘haji’ menjadi kebanggaan dan menunjukkan status sosial tinggi di masyarakat tersebut. Lho, piye to? Haji kan ibadah, kuwajiban seorang umat kepada Tuhan, kok jadi simbol status sosial? Kok jadi seperti gelar kehormatan?

Ketika seorang sales memanggil ‘Bu Haji’ untuk merayu seorang calon konsumen, pastilah ia berharap, atau menduga, calon konsumen tersebut merasa tersanjung dengan sebutan tersebut, lalu terbujuk untuk membeli produk yang ditawarkannya. Bagi saya, panggilan ‘Bu Haji’ justru membuat saya merasa risih, membuat saya merasa ‘gimana’ gitu, pokoknya nggak nyaman deh!

So, mbak-mbak dan mas-mas sales, mbok ya jangan latah memanggil setiap orang yang berjilbab dengan sebutan ‘Bu Haji’. Ada sebutan lain yang lebih ampuh untuk membujuk saya membeli suatu produk, meskipun semula saya mungkin tidak berminat membelinya …


IMG_1116

Dua orang sales promotion girl di sebuah supermarket. Tapi bukan mereka lho yang memanggil saya ‘Bu Haji’ ….  (*foto hanya sebagai ilustrasi*)

(lebih…)

Read Full Post »

LILIN ULTAH 150

Pernahkah anda melihat kue ulang tahun dengan lilin menunjukkan angka 150? Mungkin belum, karena sungguh langka orang bisa memiliki usia sepanjang itu. Tetapi ternyata ada lho, kue semacam ini …..


IMG_0993

Kue taart berumur 150 tahun. Karena banyak anak kecil, ada yang tidak tahan mencolek untuk mencicipi kue sebelum resmi dipotong …

Ajubile! Siapa pula yang berulang tahun ke 150? Angka 150 itu adalah penjumlahan umur 5 anggota keluarga yang berulang tahun pada bulan Mei ini. Siapa saja mereka? Pertama, adalah saya sendiri (halah!). Empat orang yang lain adalah keponakan-keponakan saya. Karena sekarang sedang musim koalisi partai-partai untuk merebut kursi presiden, maka kami pun berkoalisi untuk merebut satu kue ulang tahun. Praktis dan murah …  hehehe!

Ohya, lilinnya saya jadikan satu, karena kalau masing-masing orang diberi lilin sendiri, akan ada 9 buah lilin, dan kuenya bakal hancur dimuati 9 lilin angka itu!

Keluarga besar saya mengadakan ‘ulang tahun koalisi’ pada hari Sabtu dan Minggu, 9 dan 10 Mei 2009 di sebuah villa di Kaliurang.  Sengaja kami berkumpul di tempat wisata yang sejuk itu, agar kebersamaan bisa lebih akrab dalam suasana yang berbeda. Kami se-saudara kandung beserta anak-menantu-cucu berkumpul sekitar 30 orang, dari berbagai kota. Seru dan membahagiakan!


IMG_0995

Memotong kue bersama-sama. Dari kiri : Dhany, Keyko, Etty, dan saya. Helena, keponakan yang satu lagi, tak bisa ikut memotong roti, karena menidurkan anaknya yang rewel …

(lebih…)

Read Full Post »

KESEMPURNAAN HANYA MILIK TUHAN

Beberapa hari ini hati saya ngilu mengikuti berita di televisi dan koran. Air mata saya menitik, dalam arti yang sebenar-benarnya …

Harapan saya hancur berantakan. Perasaan saya campur aduk antara tidak percaya, kecewa, dan duka yang mendalam. Orang yang selama ini saya kagumi karena kejujuran dan keteguhannya, yang menjadi tumpuan harapan saya (dan pastinya seluruh rakyat Indonesia) akan bisa memperbaiki situasi negara kita dari keterpurukan karena korupsi yang telah merambah ke segenap lini, yaitu Ketua KPK Antasari Azhar, menjadi tersangka kasus pembunuhan berencana. Sungguh sulit untuk menerima kenyataan ini.

Meskipun kasus ini masih perlu pembuktian, dan tidak mustahil ada konspirasi tersembunyi yang sengaja disusun untuk menjebak Antasari, berita mengejutkan ini sungguh membuat hari-hari saya muram.

No body is perfect ….


img_0971

Tayangan berita tersangkutnya Ketua KPK Antasari Azhar di Metroteve

(lebih…)

Read Full Post »

IBARAT MENATING MINYAK PENUH

Jika seorang sahabat tiba-tiba memanggil dengan sebutan “sayang”, apa jadinya?

Dona tertegun memandangi layar ponselnya. Panik, bingung, kelabakan.  Doni, sahabat yang sudah sekian lama menjadi tempatnya berbagi cerita, berbagi rasa, dan berbagi tawa, mengakhiri obrolan panjang mereka dengan menuliskan kalimat sms “selamat istirahat, sayangku”

Dona bingung. Apakah Doni serius menuliskan kata ‘sayang’ itu? Atau sekedar bercanda? Atau menguji apakah ia mudah digoda?

Dona merasa serba salah, tidak tahu harus menjawab bagaimana. Jika Doni mengungkapkan perasaannya dengan tulus, ia harus meresponnya dengan tulus pula. Jika Doni hanya bercanda, maka dengan gampang sekali ia akan menjawabnya dengan canda yang lebih ‘gila’. Tapi kalau Doni menguji apakah ia perempuan yang gampang dirayu, ooowhg … ia punya sejuta kalimat untuk mendampratnya!

Dona menganalisis kembali karakter Doni, dan mencoba menafsirkan makna kalimatnya. Jika Doni hanya bercanda, dan ia menanggapinya dengan serius, ia akan mempermalukan dirinya sendiri. Sebaliknya, jika Doni sungguh-sungguh, dan ia menjawabnya dengan cengengesan, ia akan melukai hati sahabatnya itu. Tapi jika Doni hanya mempermainkannya, maka ia akan mempertimbangkan untuk mengakhiri persahabatan mereka!

friendship-jantung-hati-merah-putih (blogs.ballyfermot.ie)

(lebih…)

Read Full Post »