Feeds:
Pos
Komentar

Posts Tagged ‘Sang Saka Merah Putih’

MENCARI MERAH PUTIH

Merdeka!

Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh pelosok negeri tercinta ini gegap gempita merayakan hari kemerdekaan. Bendera merah putih berkibar dimana-mana, lagu kebangsaan bergema dari setiap dada, kemeriahan disorakkan oleh balita hingga manula. Bagaimana dengan tahun ini di kotaku tercinta, Yogyakarta?

Jam sepuluh pagi, jeng … jeng … jeng … saya keluar rumah untuk melakukan liputan (halah!). Sudah pasti kamera menjadi piranti yang nomer satu dibawa. Kacamata hitam lebar tak lupa nangkring di atas hidung. Emang jam segitu sudah silau banget? Nggak sih, cuma biar keren aja …. hihi.


IMG_1717 Merah putih dan garudaku

Saya parkir di depan gedung Bank Indonesia, di tengah kota. Begitu turun dari mobil, Pak Parkir yang dengan sukses menggiring saya memarkir mobil di tempat panas, langsung menarik upeti.

“Lima ribu, Mbak” ia berkata dengan ramah dan senyum sopan.

Ahaha … berasa muda dipanggil ‘mbak’, tapi … wait! Lima ribu? Busyet! Yang bener aje!

“Limang ewu? Parkir kok limang ewu! Sampeyan tak laporke Pak Walikota, sesuk mboten entuk markir teng riki malih lho!” saya mengancam.

Pak Parkir kaget, dan langsung mengkeret. Nggak nyangka dia, pengemudi mobil yang diparkirnya ternyata macan betina.

“Nggih … nggih. Tigang ewu Bu … ” ia gurawalan mengulurkan karcis parkir, yang memang bertuliskan angka Rp. 3.000,-

Wooo  …. dasar! Saya puas berhasil menaklukkan pemeras kecil ini. Tapi agak kecewa juga, karena ia sekarang menyebut saya ‘bu’. Artinya, tiba-tiba ia melihat saya bertambah tua sekian puluh tahun, dan sekarang saya harus menerima kenyataan memang sudah kelihatan emak-emak.  Beugh!

Tujuan pertama saya adalah Gedung Agung, istana negara di Yogya yang hingga kini masih difungsikan. Di halaman Gedung Agung, setiap Hari Kemerdekaan diadakan upacara bendera seperti yang dilakukan di Istana Negara Jakarta. Tapi saya terlambat, rupanya upacara sudah selesai. Kursi-kursi untuk tamu undangan sudah kosong, dan tampak banyak orang berfoto di halaman istana, dengan latar belakang Gedung Agung. Ya, kapan lagi bisa berfoto di tempat terhormat itu?

Saya menyelusup, bergabung di antara masyarakat yang berdesakan di luar pagar. Ya iyalah, saya kan rakyat jelata yang tidak pantas masuk halaman istana.

Sekelompok orang, yang tampaknya tamu dari beberapa negara sahabat, berfoto ramai-ramai. Salah seorang tamu, seorang gadis muda-cantik dengan rok luebaaar dan tutup kepala warna pink, laris diajak berfoto oleh para tamu lain. Penampilannya yang atraktif membuat siapa pun ‘napsu’ ingin berfoto bersamanya.


IMG_1700

Si Manis Jembatan Ambrol … eh, Si Manis Bergaun Amboi  sibuk mengatur orang-orang yang ingin berfoto bersamanya

IMG_1701

“Aku sudah kelihatan cantik belum Maaaas …. “

IMG_1704

Bu Baju Biru, kalau motret memang harus meliukkan pinggul begitu ya …

(lebih…)

Read Full Post »