Feeds:
Pos
Komentar

Posts Tagged ‘suster’

Tak Seindah Namamu

HERNIA, PENGINTIP PARA PRIA

Mudah-mudahan tidak ada orangtua yang memberi nama anak perempuan mereka Hernia. Meskipun terdengar indah, kehadiran pemilik nama ini sama sekali tidak menghadirkan keindahan, tapi justru menimbulkan rasa sakit.

Ketika MAM (Mahyudin Al Mudra, suami saya) bilang bahwa dokter memvonis dia kena hernia, saya cukup terkejut. Walah, sakit kok hernia sih? Nggak keren banget gitu loh! Lho, emang ada sakit yang keren? Yaa, misalnya leukemia atau apa, kan keren, kayak cerita di film-film … hehehe … (asal jangan schizophrenia!)

Apa boleh buat, karena Tuhan ngasihnya Hernia Sulistiawati (hihihi!) yah … kami terima saja dengan ikhlas. Tapi apa sih sebenarnya penyakit yang memiliki nama cantik ini?

Kocap kacarito, konon kisahnya, waktu bayi laki-laki masih berada di dalam kandungan, testis mereka ada di dalam perut. Dengan bertambahnya usia bayi, testis akan turun dan menempati posisi strategisnya di dalam scrotum. Lubang bekas turunnya testis ini akan menutup sendiri. Tetapi ada kalanya procesus vaginalis (menutupnya lubang) ini tidak sempurna, sehingga usus yang berada di dalam rongga perut dan selalu bergerak dan berdesak-desakan dapat kejeblos dan nyelonong ikut turun melalui lubang tersebut. Nyelonongnya usus ini bisa terjadi pada waktu seseorang masih bayi, kanak-kanak, maupun dewasa. Jika usus yang nakal ini terjepit di dalam lubang tersebut, maka ia akan teriak-teriak kesakitan (nggak konsekwen banget kan?).

Karena MAM tidak menyukai kehadiran si pemilik nama cantik ini, maka ia memutuskan untuk meminta dokter membuangnya pada tanggal 18 Mei 2009 lalu.


IMG_1277

Menyusuri lorong menuju ke kamar operasi di pagi yang dingin …

(lebih…)

Read Full Post »